Half Empty or Half Full?

Seorang psikolog berjalan di sekitar ruangan ketika ia sedang mengajar manajemen stres pada sebuah kelas. Saat ia mengangkat segelas air, semua orang mengira mereka akan diberikan pertanyaan “setengah kosong atau setengah penuh “. Sebaliknya, dengan senyum di wajahnya, sang psikolog bertanya : “Berapa berat segelas air ini?”

Jawaban dari isi kelas berkisar antara 8 oz .(sekitar 227 gram) dan 20 oz. (sekitar 567 gram).

Sang Psikolog berkata, “Berat mutlak tidak masalah. Hal ini tergantung pada berapa lama saya memegangnya. Jika saya memegangnya selama satu menit, itu tidak masalah. Jika saya memegangnya selama satu jam, saya akan merasakan sakit di lengan saya. Jika saya memegangnya selama satu hari, lengan saya akan mati rasa dan lumpuh. Dalam setiap kasus, berat gelas tidak berubah, tapi semakin lama saya memegangnya, akan lebih berat jadinya. Dia melanjutkan, “tekanan dan kekhawatiran dalam hidup seperti segelas air. Jika Anda memikirkan mereka untuk sementara waktu maka tidak ada apapun yang terjadi. Pikirkan tentang mereka sedikit lebih lama dan mereka mulai menyakiti Anda. Dan jika Anda berpikir tentang mereka sepanjang hari, Anda akan merasa lumpuh. Tidak mampu melakukan apa-apa”.

(diterjemahkan dari Half Empty or Half Full Stories from School AZ)

Jadi, jangan lupa untuk meletakkan ‘gelas’ Anda.

About cosynook

Anak Bapak. Perlu ngeblog untuk katarsis. :)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment